Memahami secara utuh makna bhinneka tunggal ika, kita perlu menelusuri sejarah bhinneka tunggal ika. Bunyi lengkap ungkapan Bhinneka Tunggal Ika ditemukan dalam Kitab Sutasoma yang ditulis oleh Mpu Tantular era XIV di masa Kerajaan Majapahit.
Dalam kitab tersebut Mpu Tantular menulis “Rwaneka dhatu winuwus Buddha Wiswa, Bhinnêki rakwa ring apan kena parwanosen, Mangka ng Jinatwa kalawan Siwatatwa tunggal Bhinnêka tunggal ika tan hana dharma mangrwa” (Bahwa agama Buddha dan Siwa (Hindu) merupakan zat yang berbeda, tetapi nilai - nilai kebenaran Jina (Buddha) dan Siwa yaitu tunggal. Terpecah belah, tetapi satu jua, artinya tak ada dharma yang mendua). Nama Mpu Tantular sendiri terdiri dari tan (tidak) dan tular (terpangaruh), dengan demikian, Mpu Tantular berarti seorang Mpu (cendekiawan, pemikir) yang berpendirian teguh, tidak gampang terpengaruh oleh siapa pun (Suhandi Sigit, 2011).
Ungkapan bahasa Jawa Kuno tersebut, secara harfiah bermakna bhinneka (beragam), tunggal (satu), ika (itu) yaitu bermacam-macam satu itu. Doktrin yang bercorak teologis ini semula dimaksudkan biar antara agama Buddha (Jina) dan agama Hindu (Siwa) sanggup hidup berdampingan dengan tenang dan harmonis, alasannya yaitu hakikat kebenaran yang terkandung dalam aliran keduanya yaitu tunggal (satu). Mpu Tantular sendiri yaitu penganut Buddha Tantrayana, tetapi merasa kondusif hidup di kerajaan Majapahit yang lebih bercorak Hindu (Ma’arif A. Syafii, 2011).
Semboyan Bhinneka Tunggal Ika mulai menjadi pembicaraan terbatas antara Muh. Yamin, Bung Karno, I Gusti Bagus Sugriwa dalam setiap sidang BPUPKI sekitar dua setengah bulan sebelum Proklamasi (Kusuma R.M. A.B, 2004). Bahkan Bung Hatta sendiri ketika itu menyampaikan Bhinneka Tunggal Ika yaitu ciptaan Bung Karno sesudah Indonesia merdeka. Setelah beberapa tahun kemudian ketika merancang Lambang Negara Republik Indonesia dalam bentuk Garuda Pancasila, semboyan Bhinneka Tunggal Ika dimasukkan ke dalamnya.
Dalam banyak literatur menyangkut sejarah bhinneka tunggal ika, disebutkan bahwa lambang tersebut secara resmi digunakan dalam Sidang Kabinet Republik Indonesia Serikat yang dipimpin Bung Hatta pada tanggal 11 Februari tahun 1950 menurut rancangan yang dibentuk oleh Sultan Hamid II (1913 - 1978). Dalam sidang tersebut muncul beberapa usulan rancangan lambang negara, kemudian yang dipilih yaitu usulan yang dibentuk Sultan Hamid II dan Muhammad Yamin, dan rancangan dari Sultan Hamid yang alhasil ditetapkan (Yasni, Z, 1979).
Selanjutnya , goresan pena Mpu Tantular tersebut oleh para pendiri bangsa diberikan penafsiran gres lantaran dinilai relevan dengan keperluan strategis bangunan Indonesia merdeka yang terdiri dari bermacam-macam agama, kepercayaan, ideologi politik, etnis, bahasa, dan budaya. Dasar pemikira n tersebut yang menyebabkan semboyan “keramat” ini terpampang melengkungdalam cengkeraman kedua kaki Burung Garuda. Burung Garuda dalam mitologi Hindu yaitu kendaraan (wahana) Dewa Wishnu (Ma’arif A. Syafii, 2011).
Terkait dengan semboyan yang ditulis Mpu Tantular, sanggup diketahui bahwa wawasan pemikiran pujangga besar yang hidup di zaman kejayaan Majapahit ini, terbukti telah melompat jauh ke depan. Nyatanya, semboyan tersebut sampai kini masih relevan terhadap perkembangan bangsa, negara dan bahkan kemajuan ilmu pengetahuan dan teknologi yang pesat di era global. Dan Kekawin Sutasoma yang semula dipersembahkan kepada Raja Rajasanagara (Hayam Wuruk) yaitu hasil perenungan dan kristalisasi pemikiran yang panjang, setidaknya membutuhkan waktu satu dasawarsa (sepuluh tahun) sedangkan Kekawin maksudnya yaitu pembacaan ayat - ayat suci dalam agama Hindu- Budha. Kitab yang ditulis Mpu Tantular sekitar 1350-an, tujuh era lalu, ternyata di antara isi pesannya bergulir dalam proses membingkai negara gres Indonesia (Ma’arif A. Syafii, 2011).
Dalam proses perumusan konstitusi Indonesia, jasa Muh.Yamin harus dicatat sebagai tokoh yang pertama kali mengusulkan kepada Bung Karno biar Bhinneka Tunggal Ika dijadikan semboyan negara. Muh. Yamin sebagai tokoh kebudayaan dan bahasa memang dikenal sudah usang bersentuhan dengan segala hal yang berkenaan dengan kebesaran Majapahit (Prabaswara, I Made, 2003). Konon, di sela-sela Sidang BPUPKI antara Mei- Juni 1945, Muh. Yamin menyebut - nyebut ungkapan Bhinneka Tunggal Ika itu sendirian. Namun I Gusti Bagus Sugriwa (temannya dari Buleleng) yang duduk di sampingnya sontak menyambut sambungan ungkapan itu dengan “ tan hana dharmamangrwa .” Sambungan impulsif ini disamping menyenangkan Muh. Yamin, sekaligus menawarkan bahwa di Bali ungkapan Bhinneka Tunggal Ika itu masih hidup dan dipelajari orang (Prabaswara, I Made, 2003). Pengaruh Kitab Sutasoma cukup besar bagi masyarakat intelektual Hindu Bali walaupun ditulis oleh sastrawan Buddha.
Para pendiri bangsa Indonesia yang dominan beragama Islam sepertinya cukup toleran mendapatkan warisan Mpu Tantular tersebut. Sikap toleran ini merupakan tabiat dasar suku - suku bangsa di Indonesia yang telah mengenal bermacam-macam agama, berlapis- lapis kepercayaan dan tradisi, jauh sebelum Islam tiba ke Nusantara. Sekalipun dengan runtuhnya Kerajaan Majapahit era XV, imbas Hindu-Budha secara politik sudah sangat melemah, secara kultural imbas tersebut tetap lestari sampai ketika ini (Ma’arif A. Syafii, 2011).
Demikian sejarah bhinneka tunggal ika, artikel selajutnya yang berkaitan dengan bahasan ini yaitu pengertian dan makna bhinneka tunggal ika. Semoga bermanfaat bagi para pembaca setia blog tipsserbaserbi.
Dalam kitab tersebut Mpu Tantular menulis “Rwaneka dhatu winuwus Buddha Wiswa, Bhinnêki rakwa ring apan kena parwanosen, Mangka ng Jinatwa kalawan Siwatatwa tunggal Bhinnêka tunggal ika tan hana dharma mangrwa” (Bahwa agama Buddha dan Siwa (Hindu) merupakan zat yang berbeda, tetapi nilai - nilai kebenaran Jina (Buddha) dan Siwa yaitu tunggal. Terpecah belah, tetapi satu jua, artinya tak ada dharma yang mendua). Nama Mpu Tantular sendiri terdiri dari tan (tidak) dan tular (terpangaruh), dengan demikian, Mpu Tantular berarti seorang Mpu (cendekiawan, pemikir) yang berpendirian teguh, tidak gampang terpengaruh oleh siapa pun (Suhandi Sigit, 2011).
Ungkapan bahasa Jawa Kuno tersebut, secara harfiah bermakna bhinneka (beragam), tunggal (satu), ika (itu) yaitu bermacam-macam satu itu. Doktrin yang bercorak teologis ini semula dimaksudkan biar antara agama Buddha (Jina) dan agama Hindu (Siwa) sanggup hidup berdampingan dengan tenang dan harmonis, alasannya yaitu hakikat kebenaran yang terkandung dalam aliran keduanya yaitu tunggal (satu). Mpu Tantular sendiri yaitu penganut Buddha Tantrayana, tetapi merasa kondusif hidup di kerajaan Majapahit yang lebih bercorak Hindu (Ma’arif A. Syafii, 2011).
Semboyan Bhinneka Tunggal Ika mulai menjadi pembicaraan terbatas antara Muh. Yamin, Bung Karno, I Gusti Bagus Sugriwa dalam setiap sidang BPUPKI sekitar dua setengah bulan sebelum Proklamasi (Kusuma R.M. A.B, 2004). Bahkan Bung Hatta sendiri ketika itu menyampaikan Bhinneka Tunggal Ika yaitu ciptaan Bung Karno sesudah Indonesia merdeka. Setelah beberapa tahun kemudian ketika merancang Lambang Negara Republik Indonesia dalam bentuk Garuda Pancasila, semboyan Bhinneka Tunggal Ika dimasukkan ke dalamnya.
Dalam banyak literatur menyangkut sejarah bhinneka tunggal ika, disebutkan bahwa lambang tersebut secara resmi digunakan dalam Sidang Kabinet Republik Indonesia Serikat yang dipimpin Bung Hatta pada tanggal 11 Februari tahun 1950 menurut rancangan yang dibentuk oleh Sultan Hamid II (1913 - 1978). Dalam sidang tersebut muncul beberapa usulan rancangan lambang negara, kemudian yang dipilih yaitu usulan yang dibentuk Sultan Hamid II dan Muhammad Yamin, dan rancangan dari Sultan Hamid yang alhasil ditetapkan (Yasni, Z, 1979).
Selanjutnya , goresan pena Mpu Tantular tersebut oleh para pendiri bangsa diberikan penafsiran gres lantaran dinilai relevan dengan keperluan strategis bangunan Indonesia merdeka yang terdiri dari bermacam-macam agama, kepercayaan, ideologi politik, etnis, bahasa, dan budaya. Dasar pemikira n tersebut yang menyebabkan semboyan “keramat” ini terpampang melengkungdalam cengkeraman kedua kaki Burung Garuda. Burung Garuda dalam mitologi Hindu yaitu kendaraan (wahana) Dewa Wishnu (Ma’arif A. Syafii, 2011).
Terkait dengan semboyan yang ditulis Mpu Tantular, sanggup diketahui bahwa wawasan pemikiran pujangga besar yang hidup di zaman kejayaan Majapahit ini, terbukti telah melompat jauh ke depan. Nyatanya, semboyan tersebut sampai kini masih relevan terhadap perkembangan bangsa, negara dan bahkan kemajuan ilmu pengetahuan dan teknologi yang pesat di era global. Dan Kekawin Sutasoma yang semula dipersembahkan kepada Raja Rajasanagara (Hayam Wuruk) yaitu hasil perenungan dan kristalisasi pemikiran yang panjang, setidaknya membutuhkan waktu satu dasawarsa (sepuluh tahun) sedangkan Kekawin maksudnya yaitu pembacaan ayat - ayat suci dalam agama Hindu- Budha. Kitab yang ditulis Mpu Tantular sekitar 1350-an, tujuh era lalu, ternyata di antara isi pesannya bergulir dalam proses membingkai negara gres Indonesia (Ma’arif A. Syafii, 2011).
Dalam proses perumusan konstitusi Indonesia, jasa Muh.Yamin harus dicatat sebagai tokoh yang pertama kali mengusulkan kepada Bung Karno biar Bhinneka Tunggal Ika dijadikan semboyan negara. Muh. Yamin sebagai tokoh kebudayaan dan bahasa memang dikenal sudah usang bersentuhan dengan segala hal yang berkenaan dengan kebesaran Majapahit (Prabaswara, I Made, 2003). Konon, di sela-sela Sidang BPUPKI antara Mei- Juni 1945, Muh. Yamin menyebut - nyebut ungkapan Bhinneka Tunggal Ika itu sendirian. Namun I Gusti Bagus Sugriwa (temannya dari Buleleng) yang duduk di sampingnya sontak menyambut sambungan ungkapan itu dengan “ tan hana dharmamangrwa .” Sambungan impulsif ini disamping menyenangkan Muh. Yamin, sekaligus menawarkan bahwa di Bali ungkapan Bhinneka Tunggal Ika itu masih hidup dan dipelajari orang (Prabaswara, I Made, 2003). Pengaruh Kitab Sutasoma cukup besar bagi masyarakat intelektual Hindu Bali walaupun ditulis oleh sastrawan Buddha.
Para pendiri bangsa Indonesia yang dominan beragama Islam sepertinya cukup toleran mendapatkan warisan Mpu Tantular tersebut. Sikap toleran ini merupakan tabiat dasar suku - suku bangsa di Indonesia yang telah mengenal bermacam-macam agama, berlapis- lapis kepercayaan dan tradisi, jauh sebelum Islam tiba ke Nusantara. Sekalipun dengan runtuhnya Kerajaan Majapahit era XV, imbas Hindu-Budha secara politik sudah sangat melemah, secara kultural imbas tersebut tetap lestari sampai ketika ini (Ma’arif A. Syafii, 2011).
Demikian sejarah bhinneka tunggal ika, artikel selajutnya yang berkaitan dengan bahasan ini yaitu pengertian dan makna bhinneka tunggal ika. Semoga bermanfaat bagi para pembaca setia blog tipsserbaserbi.
0 Response to "Sejarah Bhinneka Tunggal Ika"
Post a Comment