Pengertian Quantum Learning Berdasarkan Para Hebat


Pengertian Quantum Learning - Menurut Poter dan Hernacki, Quantum Learning yaitu seperangkat metode atau falsafah berguru yang terbukti efektif di sekolah dan bisnis untuk semua tipe orang dan segala usia. Quantum Learning pertama kali diterapkan di daerah training metode Quantum Learning atau Supercamp.

Quantum Learning berakar dari upaya Lozanov, seorang pendidik yang berkebangsaan Bulgaria yang bereksperimen dengan apa yang disebut sebagai “Suggestology” atau “Suggestopedia”. Pada prinsipnya bahwa sugesti sanggup dan niscaya mempengaruhi hasil situasi berguru dan perilaku detail apa pun menawarkan sugesti nyata ataupun negatif (De Porter dan Hernacki, 2000:14). 


Dalam Quantum Learning menggabungkan sugestologi teknik pemercepatan berguru dan NLP (Program Neurolinguistik) dengan teori, keyakinan dan metode kami sendiri, termasuk diantaranya kosep-konsep kunci dari aneka macam teori dan seni administrasi berguru yang lain ibarat :
  1. Teori otak kanan/otak kiri
  2. Teori otak triune (3 in 1)
  3. Pilihan modalitas (visual, auditorial, kinestetik)
  4. Teori kecerdasan ganda
  5. Pendidikan holistik (menyeluruh)
  6. Belajar menurut pengalaman
  7. Belajar dengan simbol (metaphorik learning)
  8. Simulasi atau permainan.
Maksud dari ke delapan kunci seni administrasi Quantum Learning yaitu menggabungkan acara yang secara seimbang antara bekerja dan bermain, dengan kecepatan yang mengesankan dan dibarengi dengan acara yang menggembirakan. Serta efektif dipakai oleh semua umur (De Porter dan Hernacki, 2000:16)

Setiap metode tertentu mempunyai kelebihan dan kekurangan, begitu pula dengan Quantum Learning. Kelebihan dan kekurangan metode Quantum Learning sanggup dijabarkan sebagai berikut:

1) Kelebihan Metode Quantum Learning
  • Memberikan perilaku nyata terhadap cara pandang siswa
  • Siswa lebih termotivasi untuk berguru
  • Memperoleh keterampilan seumur hidup
  • Memiliki kepercayaan diri
  • Menjadi orang yang sukses (De Potter dan Hernaki, 2000:13)
2) Kekurangan

Metode ini banyak memakai media, bagi sekolah yang tidak mempunyai akomodasi yang memadai akan mengalami kendala dalam penerapannya (De Potter dan Hernacki, 2000:15)

Sesuai dengan klarifikasi di atas, sanggup diambil kesimpulan wacana pengertian quantum learning yakni suatu proses pembelajaran menjadi efektif dan bermakna apabila ada interaksi antara siswa dengan sumber berguru dengan materi, kondisi ruangan, fasilitas, penciptaan suasana dan acara berguru yang tidak monoton diantaranya melalui penggunaan musik pengiring. Interaksi ini berupa keaktifan siswa dalam mengikuti proses belajar.

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Pengertian Quantum Learning Berdasarkan Para Hebat"

Post a Comment