Fungsi dan Tugas Kepala Sekolah – Mengacu pada pasal 12 ayat 1 PP 28 tahun 1990 dalam Kepala Sekolah bertanggung jawab atas penyelenggaraan kegiatan pendidikan, manajemen sekolah, training tenaga kependidikan lainnya, dan pendayagunaan serta memeliharaan sarana dan prasarana (Mulyasa, 2007).
Dijelaskan pula bahwa Kepala Sekolah sedikitnya harus bisa berfungsi sebagai edukator, manajer, administrator, supervisor, leader, inovator, motivator. Namun seiring berkembangnya zaman menuju globalisasi seharusnya Kepala Sekolah sanggup menyesuaikan diri sesuai dengan fungsinya sebagai Kepala Sekolah yang professional.
Kepala Sekolah sebagai pemimpin harus mampu:
Dijelaskan pula bahwa Kepala Sekolah sedikitnya harus bisa berfungsi sebagai edukator, manajer, administrator, supervisor, leader, inovator, motivator. Namun seiring berkembangnya zaman menuju globalisasi seharusnya Kepala Sekolah sanggup menyesuaikan diri sesuai dengan fungsinya sebagai Kepala Sekolah yang professional.
Kepala Sekolah sebagai pemimpin harus mampu:
- Mendorong timbulnya kemauan yang berpengaruh dengan penuh semangat dan percaya diri para guru, staf dan siswa dalam melaksanakan kiprah masing-masing
- Memberikan bimbingan dan mengarahkan para guru, staf dan para siswa serta menawarkan dorongan memacu dan bangun di depan demi kemajuan dan menawarkan pandangan gres sekolah dalam mencapai tujuan (Wahjosumidjo, 2005: 105)
Sehingga disimpulkan Tugas Kepala Sekolah yaitu sebagai edukator, manajer, administrator, supervisor, leader, inovator, motivator, figur dan perantara yang dijabarkan berikut ini:
a. Edukator
Tugas kepala sekolah sebagai edukator, Kepala Sekolah harus mempunyai seni manajemen yang sempurna untuk meningkatkan profesionalisme tenaga kependidikan di sekolahnya. Menciptakan iklim aman di sekolah, menawarkan nasehat kepada warga sekolah, menawarkan dorongan kepada segenap tenaga kependidikan, serta melaksanakan model pembelajaran yang menarik, menyerupai team teaching, moving class, dan mengadakan aktivitas akselerasi bagi akseptor didik yang cerdas di atas normal. Kepala Sekolah juga senantiasa berupaya meningkatkan kualitas pembelajaran yang dilakukan oleh tiap guru. Dalam hal ini faktor pengalaman akan sangat menghipnotis profesionalismenya, terutama dalam mendukung terbentuknya pemahaman tenaga kependidikan terhadap pelaksanaan tugasnya.
b. Manajer
Kepala Sekolah harus mempunyai seni manajemen yang sempurna untuk memberdayakan tenaga kependidikan melalui kerjasama atau kooperatif, memberi kesempatan kepada para tenaga kependidikan untuk meningkatkan profesinya, dan mendorong kelibatan seluruh tenaga kependidikan dalam banyak sekali kegiatan yang menunjang aktivitas sekolah.
c. Administrator
Kepala Sekolah sebagai eksekutif mempunyai kekerabatan sangat akrab dengan banyak sekali aktifitas pengelolaan manajemen yang bersifat pencatatan, penyusunan dan pendokumenan seluruh aktivitas sekolah. Untuk menunjang kemampuannya dalam administrasi, Kepala Sekolah harus mempunyai kemampuan mengelola kurikulum, manajemen akseptor didik, mengelola manajemen personalia, manajemen sarana dan prasarana, manajemen kearsipan,dan mengelola manajemen keuangan. Sebagai Kepala Sekolah professional kegiatan manajemen diatas perlu dilakukan dengan efektif dan efisien biar menunjang produktivitas sekolah.
d. Supervisor
Salah satu kiprah Kepala Sekolah ialah mensupervisi pekerjaan yang dilakukan oleh guru atau pegawai manajemen sekolah. Supervisi yang dimaksud ialah melaksanakan pengawasan dan pengendalian untuk meningkatkan kinerja tenaga pendidikan. Ini merupakan kontrol biar kegiatan pendidikan di sekolah terarah pada tujuan yang telah ditetapkan. Kepala Sekolah sebagai supervisor harus diwujudkan dalam menyusun dan melaksanakan aktivitas supervisi pendidikan, serta memanfaatkan hasilnya. Kemampuan supervisi Kepala Sekolah sanggup diwujudkan dengan penyusunan aktivitas supervisi kelas, pengembangan aktivitas supervisi kegiatan ekstrakulikuler, perpustakaan, laboratorium, dan ujian.
e. leader
Tugas Kepala Sekolah sebagai leader harus bisa menawarkan petunjuk dan pengawasan, meningkatkan kemampuan tenaga kependidikan, membuka komunikasi dua arah, dan mendelegasikan tugas. Kepala Sekolah sebagai leader sanggup dianalisis dari kepribadian, pengetahuan terhadap tenaga kependidikan, visi dan misi sekolah, kemampuan mengambil keputusan, dan kemampuan komunikasi.
Dengan fungsinya sebagai leader, Kepala Sekolah sanggup dianalisis dari sifat kepemimpinan yaitu demokratis, otoriter, dan laissez faire. Ketiga sifat tersebut sering dimiliki secara bersamaan oleh seorang pemimpin. Oleh alasannya ialah itu seorang Kepala Sekolah dituntut untut bisa mengunakan seni manajemen memimpinya sesuai situasi yang ada di sekolah. Pengunaan seni manajemen yang sempurna ini sesuai dengan tingkat kematangan para tenaga kependidikan, dan kombinasi yang sempurna antara sikap kiprah dan sikap hubungan.
f. Inovator
Sebagai innovator Kepala Sekolah harus mempunyai seni manajemen yang baik untuk menjalin kekerabatan yang serasi dengan lingkungan mencari gagasan baru, mengintegrasikan setiap kegiatan, menawarkan teladan kepada seluruh tenaga kependidikan sekolah, dan menyebarkan model-model pembelajaran yang inovatif. Kepala Sekolah sebagai inovator tercermin dari cara-cara yang dilakukan pekerjaannya secara kontrukstif, kreatif, delegatif, integrative, rasional dan objektif, pragmatis, keteladanan, disiplin, adaptabel dan fleksibel.
g. Motivator
Kepala Sekolah harus mempunyai seni manajemen yang sempurna untuk menawarkan motivasi kepada para tenaga kependidikan dalam melaksanakan banyak sekali kiprah dan fungsinya. Motivasi ini sanggup ditumbuhkan melalui pengaturan lingkungan fisik, pengaturan suasana kerja, disiplin, dorongan, pengahargaan secara efektif, dan penyediaan banyak sekali sumber berguru melalui pengembangan Pusat Sumber Belajar .
h. Figure
Kepala Sekolah sebagai figure merupakan fungsi yang sangat berkaitan dengan sosok teladan sebagi pemimpin yang ada di sekolah. Diharapkan Kepala Sekolah mempunyai figure yang sanggup dijadikan teladan dan teladan bagi tenaga kependidikan maupun akseptor didik. Dengan figure yang baik Kepala Sekolah akan mempunyai kewibawaan dalam memimpin sekolah.
i. Mediator
Mediator dalam hal ini ialah memediasi setiap kebijakan atau permasalahan yang terjadi di sekolah baik permasalahan antar Kepala Sekolah dengan guru, antar guru dengan guru, antar guru dengan siswa, antar orang tua/wali siswa dengan guru atau sekolah atau permasalahan lain yang bekaitan dengan sekolah. Selain itu sanggup menjadi perantara yang baik antara sekolah dengan lingkungan masyarakat untuk kelancaran proses pembelajaran di sekolah. Dengan kiprah perantara ini, diperlukan Kepala Sekolah sanggup menjadi perantara yang baik dalam memperlancar produktivitas sekolah.
Demikian klarifikasi fungsi dan kiprah kepala sekolah. Kesuksesan dalam setiap pelaksanaan kiprah dan fungsi kepala sekolah akan sangat dipengaruhi oleh gaya kepemimpinannya. Baca juga pengertian kepemimpinan dan tugas-tugas seorang pemimpin.
a. Edukator
Tugas kepala sekolah sebagai edukator, Kepala Sekolah harus mempunyai seni manajemen yang sempurna untuk meningkatkan profesionalisme tenaga kependidikan di sekolahnya. Menciptakan iklim aman di sekolah, menawarkan nasehat kepada warga sekolah, menawarkan dorongan kepada segenap tenaga kependidikan, serta melaksanakan model pembelajaran yang menarik, menyerupai team teaching, moving class, dan mengadakan aktivitas akselerasi bagi akseptor didik yang cerdas di atas normal. Kepala Sekolah juga senantiasa berupaya meningkatkan kualitas pembelajaran yang dilakukan oleh tiap guru. Dalam hal ini faktor pengalaman akan sangat menghipnotis profesionalismenya, terutama dalam mendukung terbentuknya pemahaman tenaga kependidikan terhadap pelaksanaan tugasnya.
b. Manajer
Kepala Sekolah harus mempunyai seni manajemen yang sempurna untuk memberdayakan tenaga kependidikan melalui kerjasama atau kooperatif, memberi kesempatan kepada para tenaga kependidikan untuk meningkatkan profesinya, dan mendorong kelibatan seluruh tenaga kependidikan dalam banyak sekali kegiatan yang menunjang aktivitas sekolah.
c. Administrator
Kepala Sekolah sebagai eksekutif mempunyai kekerabatan sangat akrab dengan banyak sekali aktifitas pengelolaan manajemen yang bersifat pencatatan, penyusunan dan pendokumenan seluruh aktivitas sekolah. Untuk menunjang kemampuannya dalam administrasi, Kepala Sekolah harus mempunyai kemampuan mengelola kurikulum, manajemen akseptor didik, mengelola manajemen personalia, manajemen sarana dan prasarana, manajemen kearsipan,dan mengelola manajemen keuangan. Sebagai Kepala Sekolah professional kegiatan manajemen diatas perlu dilakukan dengan efektif dan efisien biar menunjang produktivitas sekolah.
d. Supervisor
Salah satu kiprah Kepala Sekolah ialah mensupervisi pekerjaan yang dilakukan oleh guru atau pegawai manajemen sekolah. Supervisi yang dimaksud ialah melaksanakan pengawasan dan pengendalian untuk meningkatkan kinerja tenaga pendidikan. Ini merupakan kontrol biar kegiatan pendidikan di sekolah terarah pada tujuan yang telah ditetapkan. Kepala Sekolah sebagai supervisor harus diwujudkan dalam menyusun dan melaksanakan aktivitas supervisi pendidikan, serta memanfaatkan hasilnya. Kemampuan supervisi Kepala Sekolah sanggup diwujudkan dengan penyusunan aktivitas supervisi kelas, pengembangan aktivitas supervisi kegiatan ekstrakulikuler, perpustakaan, laboratorium, dan ujian.
e. leader
Tugas Kepala Sekolah sebagai leader harus bisa menawarkan petunjuk dan pengawasan, meningkatkan kemampuan tenaga kependidikan, membuka komunikasi dua arah, dan mendelegasikan tugas. Kepala Sekolah sebagai leader sanggup dianalisis dari kepribadian, pengetahuan terhadap tenaga kependidikan, visi dan misi sekolah, kemampuan mengambil keputusan, dan kemampuan komunikasi.
Dengan fungsinya sebagai leader, Kepala Sekolah sanggup dianalisis dari sifat kepemimpinan yaitu demokratis, otoriter, dan laissez faire. Ketiga sifat tersebut sering dimiliki secara bersamaan oleh seorang pemimpin. Oleh alasannya ialah itu seorang Kepala Sekolah dituntut untut bisa mengunakan seni manajemen memimpinya sesuai situasi yang ada di sekolah. Pengunaan seni manajemen yang sempurna ini sesuai dengan tingkat kematangan para tenaga kependidikan, dan kombinasi yang sempurna antara sikap kiprah dan sikap hubungan.
f. Inovator
Sebagai innovator Kepala Sekolah harus mempunyai seni manajemen yang baik untuk menjalin kekerabatan yang serasi dengan lingkungan mencari gagasan baru, mengintegrasikan setiap kegiatan, menawarkan teladan kepada seluruh tenaga kependidikan sekolah, dan menyebarkan model-model pembelajaran yang inovatif. Kepala Sekolah sebagai inovator tercermin dari cara-cara yang dilakukan pekerjaannya secara kontrukstif, kreatif, delegatif, integrative, rasional dan objektif, pragmatis, keteladanan, disiplin, adaptabel dan fleksibel.
g. Motivator
Kepala Sekolah harus mempunyai seni manajemen yang sempurna untuk menawarkan motivasi kepada para tenaga kependidikan dalam melaksanakan banyak sekali kiprah dan fungsinya. Motivasi ini sanggup ditumbuhkan melalui pengaturan lingkungan fisik, pengaturan suasana kerja, disiplin, dorongan, pengahargaan secara efektif, dan penyediaan banyak sekali sumber berguru melalui pengembangan Pusat Sumber Belajar .
h. Figure
Kepala Sekolah sebagai figure merupakan fungsi yang sangat berkaitan dengan sosok teladan sebagi pemimpin yang ada di sekolah. Diharapkan Kepala Sekolah mempunyai figure yang sanggup dijadikan teladan dan teladan bagi tenaga kependidikan maupun akseptor didik. Dengan figure yang baik Kepala Sekolah akan mempunyai kewibawaan dalam memimpin sekolah.
i. Mediator
Mediator dalam hal ini ialah memediasi setiap kebijakan atau permasalahan yang terjadi di sekolah baik permasalahan antar Kepala Sekolah dengan guru, antar guru dengan guru, antar guru dengan siswa, antar orang tua/wali siswa dengan guru atau sekolah atau permasalahan lain yang bekaitan dengan sekolah. Selain itu sanggup menjadi perantara yang baik antara sekolah dengan lingkungan masyarakat untuk kelancaran proses pembelajaran di sekolah. Dengan kiprah perantara ini, diperlukan Kepala Sekolah sanggup menjadi perantara yang baik dalam memperlancar produktivitas sekolah.
Demikian klarifikasi fungsi dan kiprah kepala sekolah. Kesuksesan dalam setiap pelaksanaan kiprah dan fungsi kepala sekolah akan sangat dipengaruhi oleh gaya kepemimpinannya. Baca juga pengertian kepemimpinan dan tugas-tugas seorang pemimpin.
0 Response to "Fungsi Dan Kiprah Kepala Sekolah"
Post a Comment